Gaji TKW Hongkong, Biaya dan Resiko Kerja

2 min read

Gaji TKW Hongkong

Gaji TKW Hongkong – Hongkong adalah salah satu negara yang paling sering dijadikan sebagai tujuan bagi para pegawai TKW Indonesia yang ingin mencari pekerjaan di Luar Negeri khususnya sebagai ART.

Apalagi Hongkong terkenal sebagai sebuah negara yang cukup ramah dengan TKW Indonesia. Selain karena lowongan kerja yang cukup banyak, disana juga dikenal dengan majikan yang lumayan baik, gaji TKW Hongkong yang besar, dan proses pemberian salary yang cepat dan tidak dipersulit.

Cek Harga Softcase Murah di sini https://shope.ee/4pfXhDKOw7

Gaji TKW Hongkong

Gaji TKW Hongkong perbulan umumnya adalah sekitar $HK 3712 atau setara Rp7.073.542 dengan kurs rupiah Rp1.905 untuk posisi ART, pengasuh anak, maupun posisi yang sejenis. Sedangkan untuk profesi seperti buruh pabrik, maka umumnya lebih tinggi.

Baca Juga : Gaji TKI Malaysia

Posisi / Profesi TKW di Hongkong

Bilamana Anda hendak bekerja di Hongkong dan menjadi TKW maka ada beberapa posisi yang umumnya diambil oleh para migran Indonesia tersebut. Berikut daftarnya :

  • ART. Asisten Rumah Tangga biasa dipilih oleh para TKW karena mereka sudah terbiasa dengan pekerjaan rumah di Indonesia. Selain itu, dengan menjadi ART, maka Anda tidak akan dipusingkan mengenai tempat tinggal dan makanan.
  • Pengasuh Anak. Bagi seorang TKW yang menyukai anak kecil, maka mereka bisa mencoba mendaftar di posisi sebagai pengasuh anak warga Hongkong. Meski hanya sebagai pengasuh, namun disana terkenal gajinya lumayan besar. Bahkan lebih tinggi dari UMK Indonesia.
  • Pengasuh Lansia. Menjadi pengasuh bagi orang lanjut usia (kakek kakek / nenek nenek) juga menjadi salah satu kerjaan yang sering dipilih oleh para TKW Indonesia. Karena pekerjaanya lebih agak ringan, namun mereka harus terlatih denga rasa sabar dan pekerjaan yang sedikit jorok (tidak geli terhadap kotoran).

Biaya TKW di Hongkong

Berdasarkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor 98 Tahun 2012 Tentang Komponen dan Besarnya Biaya Penempatan TKI Sektor Domestik Negara Tujuan Hong Kong, maka total biaya TKW di Hongkong adalah Rp27.077.400 untuk Jawa dan Rp30.077.400 untuk luar jawa.

Butuh CV Dengan Desain Profesional?
Gunakan Jasa Kami Saja!
Silahkan Pilih Sesuai Selera
Desain 1 https://shope.ee/7zd28OOlhR || Desain 2 https://shope.ee/AK0wuhsjeS

Namun biaya tersebut ditanggung majikan sebesar Rp12.297.000 (untuk merekrut TKI dari Pulau Jawa) atau Rp15.297.000 (untuk luar Jawa), sementara sisanya akan dibebankan kepada TKW.

Berapa Biaya Potongan TKW Hongkong ?

Biaya potongan TKW Hongkong apabila biaya yang dibutuhkan adalah Rp27.077.400 dan di potong majikan Rp12.297.000 maka seharusnya adalah Rp14.780.400 untuk Jawa dan luar jawa.

Namun beberapa agen juga ada yang membebankan lebih dari segitu bahkan sampai angka Rp26.000.000 untuk berbagai biaya tambahan.

Baca Juga : Gaji TKI Singapura

Keuntungan Menjadi TKW di Hongkong

Berikut ini beberapa keuntungan jika Anda berani menjadi TKW di Hongkong :

  • Gaji Besar. Sudah bukan rahasia lagi kalau gaji TKW di Hongkong sangatlah besar, oleh sebab itu sering menjadi tujuan utama saat seseorang hendak menjadi ART di Luar Negeri. Apalagi memang gaji TKW Hongkong disana setara beberapa UMR di Indonesia.
  • Meningkatkan Kemampuan Bahasa Asing. Saat Anda berani menjadi TKW di Hongkong, maka disana Anda akan berdialog dengan menggunakan bahasa mandarin, sehingga ini akan membuat kamu menjadi lebih fasih.
  • Mendapatkan Pengalaman Baru. Saat Anda bekerja di Hongkong, maka Anda akan mendapatkan banyak sekali pengalaman baru yang berbeda dari budaya Indonesia.
  • Memperkuat Mental. Saat Anda jauh dari keluarga, apalagi beda negara. Maka Anda akan tumbuh menjadi dewasa yang kuat mental, utamanya karena Anda hidup sendiri jauh dari keluarga dan teman.

Baca juga: Gaji Kerja di Kamboja Berapa?

Resiko Kerja di Hongkong

Berikut ini beberapa resiko kerja yang bisa kamu dapat saat memutuskan menjadi TKW di Hongkong :

  • Dimarahi. Saat Anda bekerja di luar negeri, seperti di Hongkong, maka kamu memiliki resiko lebih tinggi untuk dimarahi. Karena selain komunikasi yang agak susah saat kamu belum mengerti banyak kosakata, kadang juga karena kamu berasal dari negara yang jauh jadi majikan lebih berani.
  • Mendapat Majikan yang Pelit. Sama halnya dengan bekerja di negara lain, di Hongkong juga kamu bisa menemukan majikan yang pelit. Ini biasanya berpengaruh ke jatah makan maupun bonus. Jadi kalau majikan kamu pelit, kemungkinan jatah makan yang diberikan tidak 3x sehari, jadi sisanya Anda harus beli di luar atau masak.
  • Memendam Kangen Keluarga Bertahun Tahun. Berbeda dengan kerja di Indonesia yang kamu bisa pulang saat hari libur weekend. Jika kamu bekerja di luar negeri, biasanya hanya bisa pulang sekitar setelah 2 tahunan bekerja.
  • Mendapat Kekerasan Fisik. Seperti saat bekerja di negara lain, saat Anda bekerja di Hongkong juga jika sedang apes. Maka Anda bisa menemukan majikan yang kasar yang dapat main fisik saat marah.
  • Mendapatkan Pelecehan Seksual. Tidak berbeda jauh dengan di negara lain, saat TKW bekerja di luar negeri memang cukup berpotensi untuk mendapatkan pelecehan. Namun ini angkanya masih cukup kecil dibanding dengan majikan yang baik.

Demikian artikel mengenai Gaji TKW di Hongkong lengkap dengan biaya dan resiko saat kerja di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
X