Gaji Avsec Angkasa Pura, Syarat & Tugas Lengkap

3 min read

gaji avsec angkasa pura

Gaji Avsec Angkasa Pura sangat menggiurkan untuk sekelas profesi yang berkaitan dengan petugas Bandara. Jika kalian mengetahui faktanya, pasti sangat tertarik untuk bekerja menjadi Avsec perusahaan Angkasa Pura.

Namun jangan senang dahulu, perusahaan memberikan gaji besar tentu tidak cuma cuma. Alasan mereka memberikan gaji besar, sebab tanggung jawab Avsec yang harus menjaga keamanan Bandara ini beda dari yang lainya.

Tingkat kehati-hatian dan kewaspadaanya jelas lebih tinggi di banding security biasa. Apalagi yang dihadapi itu orang dari berbagai dunia dengan latar belakang emosi yang berbeda.

Cek Harga Softcase Murah di sini https://shope.ee/4pfXhDKOw7

Sehingga tingkat profesional Avsec dituntut lebih bagus di bandingkan security. Jadi meski sama sama menjaga keamanan, tapi SOP-nya berbeda.

Gaji Avsec Angkasa Pura

Gaji Avsec Angkasa Pura tiap bulannya sekitar Rp4.600.000 sampai dengan Rp6.000.000, tergantung dari berpengalaman atau tidak dan seberapa banyak tunjangan yang diterima.

Baca juga:

Gaji Prami (Pramugari Kereta Api) & Syarat

Gaji Staff Penerbangan

Sebab biasanya gaji pokok sebenarnya hanya mengikuti UMR, sedangkan gaji bulanan, biasanya UMR + Tunjangan. Oleh karena itu, gaji tiap orang tentunya berbeda beda antara satu sama lain.

Tunjangan Petugas Avsec Angkasa Pura

Sistem Upah di Indonesia, biasanya tidak merta hanya berdasarkan satu aspek saja. Melainkan biasanya dibagi bagi sesuai ketentuan yang berlaku.

Namun umumnya di bagi menjadi dua, yaitu gaji pokok dan tunjangan. Adapun kalau gaji pokok biasanya mengikuti UMK. Sedangkan tunjangan akan disesuaikan dengan jabatan dan skill yang dimiliki.

Nah, khusus Avsec Angkasa Pura, berikut daftar beberapa tunjangan yang mungkin akan didapatkan:

  1. Tunjangan Jabatan
  2. Tunjangan Transportasi
  3. THR
  4. Tunjangan Cuti
  5. Tunjangan Makan
  6. Insentif Kehadiran
  7. Insentif Lembur
  8. dll

Seperti yang sudah saya informasikan di atas, biasanya untuk gaji bulanan Avsec Angkasa Pura adalah hasil penjumlahan antara upah pokok dengan gabungan tunjangan di atas.

Jadi misalkan gaji pokok Anda adalah Rp4.600.000, kemudian total tunjangan yang di dapat adalah Rp700.000, maka total gaji yang akan diterima menjadi Rp5.300.000.

Faktor yang Mempengaruhi Besar Kecilnya Gaji Avsec

Jika kita perhatikan lebih seksama, bisa kita lihat kalau sistem gaji yang ada di Indonesia, tiap profesi meski jabatan sama, namun gajinya berbeda.

Baca juga:

Gaji Ground Handling Bandara & Tugasnya

Gaji Staff Bandara Dari Junior Sampai Senior

Bahkan gaji Avsec Angkasa Pura sangat mungkin untuk berbeda satu sama lain.

Butuh CV Dengan Desain Profesional?
Gunakan Jasa Kami Saja!
Silahkan Pilih Sesuai Selera
Desain 1 https://shope.ee/7zd28OOlhR || Desain 2 https://shope.ee/AK0wuhsjeS

Nah kalau satu perusahaan aja berbeda, apalagi kalau sudah beda perusahaan, pasti juga berbeda. Walau hanya beberapa ribu doang. Lantas apa penyebabnya?

Berikut faktor yang mempengaruhi besar kecilnya gaji Avsec:

1. UMK / UMR

Sebab semakin lama, biasanya kemampuan skill dan feel terhadap pekerjaan tersebut juga meningkat.

UMK atau UMR di suatu daerah biasanya akan dijadikan sebagai gaji pokok. Jadi misalkan Anda ditugaskan di Bandara Soekarno Hatta yang mengikuti UMK Jakarta, maka gajimu juga segitu.

Sebaliknya jika kamu bekerja di daerah Surabaya, maka akan mengikuti UMK Surabaya. Nah dari sini saja sudah ada perbedaan yang cukup signifikan antara UMK Jakarta dan Surabaya.

2. Pengalaman / Jam Terbang

Jam terbang yang dimaksud adalah seberapa lama Anda sudah berapa lama Anda bekerja di profesi tersebut.

Ini juga yang akhirnya membuat gaji antara fresh graduate dan yang sudah berpengalaman biasanya sedikit berbeda.

Intinya semakin berpengalaman, maka gaji kamu juga kemungkinan akan makin besar. Namun besarnya masih dalam kapasitas profesinya.

3. Jenis Perusahaan Penyedia Kerja

Jenis perusahaan dalam kaitanya dengan gaji, turut mempengaruhi besar kecilnya gaji Avsec. Sebab tiap perusahaan memiliki pengelolaan keuangan yang berbeda beda, sehingga sangat berpengaruh ke gaji.

Sebagai contoh, perusahaan Jepang terkenal dengan pemberi gaji yang besar kepada karyawan Indonesia. Namun sebagai timbal baliknya, karyawan harus mau disiplin sesuai dengan budaya orang Jepang.

Mengenal Avsec Angkasa Pura

Setelah Anda mengetahui besaran gaji Avsec Angkasa Pura, maka sebaiknya juga harus mengenal lebih jauh tentang pekerjaan tersebut, sebelum akhirnya memutuskan untuk melamar pekerjaan tersebut.

Baca Juga:

Gaji Airnav Indonesia & Jurusan Sekolah

Gaji Lulusan ATKP Medan & Biaya Sekolah

Avsec Angkasa Pura atau Aviation Security Angkasa Pura adalah petugas pengaman Bandara yang dimiliki oleh perusahaan Angkasa Pura dan bertugas memastikan keamanan layaknya seorang Security, hanya saja dituntut lebih profesional lagi.

Tugas Avsec Angka Pura

Sebagai seorang yang memiliki profesi sebagai petugas keamanan, tentu tugas utamanya adalah mengamankan situasi. Lantas apa hanya itu?

Berikut beberapa tugas umum dari Avsec Angkasa Pura:

1. Pemeriksaan Identitas Penumpang

Tugas pertama yang perlu dilakukan oleh seorang Aviation Security adalah memastikan kalau identitas penumpang ialah asli bukan palsu. Caranya yaitu dengan pengecekan langsung.

Namun selain pengecekan identitas, yang tak kalah pentingnya juga pengecekan fisik, dimana harus dipastikan penumpang tidak membawa senjata maupun barang barang ilegal di tubuhnya.

2. Pemeriksaan Cargo, Bagasi, dan Barang Penumpang

Selain memeriksa dokumen dan fisik penumpang, petugas Avsec juga harus memastikan barang bawaan penumpang aman, kemudian bagian bagasi maupun kargo pesawat juga aman.

Baca juga: Gaji Pramugari Batik Air Per Bulan & Cara Daftar

Kegiatan utama Avsec secara garis besar memang berkaitan dengan masalah keamanan.

3. Pengawasan dan Penertiban Area Bandara

Semua wilayah Bandara tanpa terkecuali, merupakan wilayah kerja Avsec tanpa terkecuali, mereka harus bisa memastikan keamanan tempat tersebut.

Adapun untuk memastikanya, bisa dilakukan dengan cara mengawasi dan menertibkan kalau sampai ada masalah / insiden.

Syarat Menjadi Avsec Angkasa Pura

Ketentuan untuk menjadi seorang Avsec tentu tidak jauh berbeda dengan menjadi petugas keamanan di tempat lain, hanya saja biasanya seleksinya lebih ketat dibanding petugas keamanan biasa.

Secara umum, persyaratan yang diajukan sama, yaitu:

  1. Minimal lulusan SMA sederajat
  2. Sudah berusia 18 tahun dan memiliki KTP
  3. Usia maksimal 28 tahun
  4. Tinggi minimal 170 (Cowo) dan 160 (Cewe)
  5. Memiliki Skill Komunikasi yang bagus
  6. Bisa bahasa Inggris lebih bagus
  7. Memiliki penampilan yang menarik dan tegas
  8. Pemberani

Sebaiknya ketika Anda memang benar benar ingin menjadi seorang Avsec Angkasa Pura, penuhi kriteria tersebut.

Demikian informasi mengenai gaji Avsec Angkasa Pura 1 dan 2 yang perlu Anda ketahui bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close
X